Thursday, February 23, 2017

Tips Menentukan Harga Untuk Jasa Fotografi

Saat ini, dunia fotografi mulai berkembang pesat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jasa fotografer. Tak hanya dari kalangan orang-orang multimedia, namun banyak juga bermunculan fotografer dari latar belakang yang berbeda.


Namun di sini yang terpenting bukanlah latar belakang pendidikan dari fotografer tersebut, namun hasil dari karyanyalah yang menjadi pertimbangan para pengguna jasa fotografer. Selain itu, harga patokan dari seorang fotografer juga menjadi salah satu pertimbangan para pengguna jasa ini.
Lalu sebenarnya apa sih yang jadi patokan atau dasar untuk menentukan harga jasa fotografi? Penasaran? Berikut ini beberapa tips menentukan harga untuk jasa fotografi yang biasanya jadi patokan para fotografer profesional.

1. Jumlah orang

Hal pertama yang pasti jadi pertimbangan seorang fotografer adalah jumlah orang yang hendak menggunakan jasanya. Dimana semakin banyak orang yang hendak ikut serta dalam sesi pemotretan tersebut, semakin sulit pula pengambilan foto.
Bagaimana tidak, jika kamu melakukan sesi photo group dengan jumlah personal lebih dari 5 orang, pasti pose dan gaya yang dibutuhkan juga akan lebih rumit supaya hasil fotonya bagus.
Nah tips menentukan harga untuk jasa fotografi yang tepat di sini, sebaiknya jangan sesekali kamu mengalikan jumlah orang dengan harga patokan per orang. Akan tetapi, buatkan beberapa paket foto.

2. Lokasi

Selain jumlah orang, lokasi pemotretan juga akan menjadi satu hal yang sangat dipertimbangkan oleh fotografer. Tak hanya jarak antara lokasi dengan tempat tinggal, namun bagaimana kondisi tempat tersebut juga sangat berpengaruh.
Ya, sebab untuk beberapa lokasi memang cukup sulit untuk tempat pemotretan, akan tetapi keindahan alam atau tempatnya begitu mengundang para fotografer dan cliennya.
Nah jika begini, tips menentukan harga untuk jasa fotografi yang cocok buat kamu pelajari adalah manfaatkan keindahan tempat tersebut dan keinginan client agar mau membayar dengan harga lebih untuk bisa melakukan sesi pemotretan ditempat tersebut.

3. Konsep

Setiap foto yang diambil oleh fotografer pasti memiliki konsep, entah foto-foto tersebut merupakan hasil jepretan tanpa sengaja sekalipun. Akan tetapi, jika fotografer diminta untuk melakukan pemotretan sudah pastilah akan dilakukan sesi foto yang sudah tersusun rapi konsepnya.
Nah umumnya, sebuah foto yang diambil dengan konsep sederhana akan lebih terjangkau harganya. Dibandingkan dengan foto yang diambil dengan konsep unik dan lebih menarik.
Sebab, selain mengharuskan fotografer memiliki kemampuan atau skill yang lebih, biasanya property yang digunakan pun lebih banyak. Bahkan beberapa konsep mengharuskan pemakaian konsep dengan property yang cukup sulit didapatkan.
3 faktor di atas adalah beberapa hal yang pasti dipertimbangkan oleh seorang fotografer untuk menentukan harga jasanya. Nah bagi kamu yang ingin jadi seorang fotografer, jangan lupakan tips menentukan harga untuk jasa fotografi agar jasa kamu bisa lebih dipertimbangkan client.
Sebab semakin kamu berani memberikan kualitas, harga mahal tak akan jadi masalah bagi client.

No comments:

Post a Comment